Wisata di Misool

4 November 2018 87x Artikel

Beranda » Artikel » Wisata di Misool

Wisata di Misool – Jika membahas tentang Raja Ampat, maka ingatan Anda akan langsung melayang pada sebuah kawasan yang berada di kepala burung Papua Barat. Kawasan yang kaya akan objek wisata baharinya ini memang sangat indah, dan pastinya cukup terkenal, tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Kepulauan Raja Ampat ini sendiri memiliki 4 buah pulau besar, yaitu pulau Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool.

Misool nan cantik

Misool sendiri adalah salah satu kawasan yang terkenal akan segitiga karang dunia. Di mana di dalamnya terdapat aneka ikan hias laut yang cantik dan juga unik, atau sekitar 75% jenis ikan hias yang ada di dunia ada di Misool.

Kepulauan Misool sendiri terbagi kedalam 4 bagian, yaitu, Misool Timur, Misool Selatan, Misool Barat, dan terakhir adalah Misool Utara. Bagian Misool Selatan, adalah salah satu kawasan wisata di Misool yang cukup terkenal, lebih tepatnya kawasan konservasi dan juga kawasan wisata Bahari. Tepatnya pada bulan Oktober hingga April, atau disebut juga dengan musim teduh, ada cukup banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut.

Kawasan wisata di Misool juga mempunyai laut lepas yang cukup luas, ini yang menjadi jalur lalu lintas dari para hewan laut yang berukuran besar, seperti paus dan Gurita untuk lalu lalang di jalur tersebut. Ikan gurita ini sendiri hanya dapat Anda lihat ketika malam tiba, sedangkan ikan paus dapat Anda lihat pada siang hari.

Baca Juga :

Menikmati keindahan alam bawah laut di Misool ini memang seakan tidak ada habisnya. Misool juga memiliki salah satu kawasan laut yang cukup bening, yang bernama Turquoise, dimana lokasi tersebut juga mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, bahkan mampu menyilaukan mata Anda. Ini adalah pulau ini memang kecil dan nyaris tidak terjamah.

Ada juga sebuah kawasan hutan Mangrove nan menghijau. Siapa saja yang mengunjungi kawasan ini pasti akan tergugah karena keindahan alam serta teduhnya aneka pepohonan yang ada.  Kawasan ini sengaja dibentuk demikian, untuk melindungi ekosistem yang ada di sekitar pulau.

Aktivitas wisata di Misool

Jika membahas kegiatan yang akan Anda lakukan, ketika melakukan wisata di Misool, tentunya cukup banyak, seperti :

  • Diving

Hal pertama dan tentunya yang paling populer adalah menyelam atau snorkeling. Di Misool sendiri ada beberapa titik penyelaman yang dapat Anda kunjungi. Kejernihan air laut yang ada di kota Misool ini pastinya akan membantu Anda dalam menikmati aneka pemandangan indah dibawah laut.

  • Menjelajah pulau dengan perahu

Apabila Anda belum bisa menyelam atau snorkeling, tidak masalah, Anda dapat menyewa sebuah perahu, dan mengelilingi kepulauan Misool. Dengan menggunakan perahu seperti ini, Anda akan diajak untuk menjelajahi aneka pulau, serta kecantikan dari masing-masing pulau yang ada di Misool tersebut.

  • Menikmati pantai

Salah satu hal yang dinilai cukup umum, adalah menikmati pantai itu sendiri. Pemandangan masing-masing pantai tentunya berbeda-beda, termasuk ketika Anda menikmati panorama alam pantai Misool. Tepat di bagian barat dan timur pulau Misool, Anda akan melihat indahnya pantai yang memiliki pasir putih, lengkap dengan pemandangan hutan mangrove yang menghijau.

  • Kayaking

Selain menggunakan perahu bermotor, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pulau Misool ini dengan cara menggunakan perahu kayak, atau kayaking. Perahu berukuran kecil ini hanya sanggup menampung 1 orang saja, dan untuk menjalankan perahu ini, Anda harus mendayungnya.

  • Wisata Petroglyph

Keindahan objek wisata di Misool tidak hanya terletak di bawah laut saja. Namun ada salah satu titik di Misool yang memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Menikmati Petroglyph, yang tidak lain adalah lukisan tangan manusia purba, lengkap dengan lukisan ikan, serta makhluk lainnya yang dilukis di beberapa dinding gua. Dengan melihat lukisan tersebut Anda akan mengetahui tentang sejarah dari kepulauan Misool itu sendiri.

  • Mengunjungi desa di Misool

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi desa-desa yang ada di kota  Misool. Dimana beberapa desa, masih memegang dan menjaga budaya adat istiadat setempat yang unik dan juga menarik.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.